Mahasiswa KKN 52 UIN SAIZU Gelar Pelatihan Pembuatan Pupuk Kompos Guna Memanfaatkan Limbah Organik Rumah Tangga di Dusun Kukusan Desa Gambuhan

AdminDesa/ Agustus 24, 2023/ Berita, Pertanian/ 0 comments

Pemalang – Jum’at, 11 Agustus 2023

Divisi Hubungan Masyarakat Kelompok 167 KKN 52 Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto melaksanakan pelatihan pembuatan pupuk kompos dengan memanfaatkan limbah organik rumah tangga masyarakat Desa Gambuhan, khususnya Dusun Kukusan yang berguna untuk mempertahankan kelangsungan kegiatan pertanian sebagai mata pencaharian utama masyarakat Desa Gambuhan.

Pelatihan ini diselenggarakan pada tanggal 11 Agustus 2023, dengan pemateri Muhsin Qudhori (Mahasiswa Fakultas Pertanian Unsoed) dan pesertanya yaitu anggota kelompok tani dan perangkat desa sebanyak 17 orang.

Muhsin mencontohkan, “Dengan menggunakan media limbah rumah tangga organik seperti kulit pisang, cangkang telur, sisa potongan sayur, sisa nasi dan dedaunan maka kita bisa membuat pupuk yang bisa dimanfaatkan untuk komoditas tanaman khususnya tanaman palawija yang banyak ditanam masyarakat”.

Menurut Ita, penanggung jawab program kerja kelompok 167 KKN UIN Saizu Purwokerto, pelatihan pembuatan pupuk kompos ini diharapkan dapat meminimalisir limbah organik rumah tangga serta meminimalisir penggunaan pupuk kimia sintetis.

“Tujuan utama kegiatan ini adalah untuk meminimalisir limbah organik rumah tangga serta meminimalisir penggunaan pupuk kimia sintetis. Selain itu masyarakat juga sangat antusias dengan adanya pelatihan ini, karena pembuatan pupuk kompos ini adalah hal baru untuk mereka.” Jelas Ita.

Pak Irkham, salah satu perangkat desa yang juga merupakan salah satu anggota kelompok tani Dusun Kukusan menyampaikan rasa terimakasihnya kepada mahasiswa KKN UIN Saizu.

“Kegiatan ini sangat luar biasa, ini merupakan hal baru bagi kami, kami jadi tahu bahwa limbah rumah tangga organik bisa dimanfaatkan sebagai pupuk kompos, insyaallah dengan ilmu ini kami jadi bisa memproduksi pupuk sendiri menggunakan sampah organik rumah tangga, dengan begitu kami juga jadi bisa mengurangi sampah rumah tangga dan menghemat pengeluaran untuk membeli pupuk kimia, terimakasih mahasiswa KKN UIN Saizu” ujarnya.

Karena pupuk kompos merupakan hal baru untuk warga Desa Gambuhan khususnya Dusun Kukusan, maka Mahasiswa KKN 52 UIN Saizu berharap kegiatan ini dapat memberikan ilmu yang bisa dimanfaatkan untuk jangka panjang dan dapat memberikan kesan yang baik untuk warga setempat terutama para kelompok tani Dusun Kukusan. (Humas 2023)

Share this Post

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*
*